Hilangkan Flek Hitam dan Cerahkan Kulit dengan DIY Lemon Face Mask


Kali ini saya mau sharing mengenai DIY (Do It Yourself) Lemon Face Mask sebagai penghilang Flek Hitam dan pencerah kulit. Sebelum saya mau kasih tau kalau this is my first time having collaboration with Bandung Hijab Blogger yang sebenarnya udah masuk minggu ke-4 dengan Tema DIY Face Mask. 


So, Actually I'm very excited to write this article because this Lemon face mask have been my weekly routine since couple months ago. 

Okay, Sebelumnya saya cerita sedikit yah. Jadi dulu waktu jaman kuliah saya itu rutin pakai krim Dokter yang pada awal tahap pemakaian melalui proses pengelupasan. Awalnya saya pikir itu hal yang biasa dan memang karna hasil setelahnya wajah saya super-duper kinclong dan putih. setelah rutin pemakaian selama sekitar hampir 2 tahun. saya merasa kulit wajah saya semakin banyak bitnik hitam di area bawah mata dan semakin berminyak akibatnya wajah saya jerawatan cukup parah. padahal kulit saya jarang sekali jerawatan, paling jerawatan hanya saat PMS itupun biasanya hanya 1 atau 2. akhirnya saya konsultasikan ke dokter, dan dokter hanya bilang kalau saya harus rutin pakai krimnya dan jangan terpapar langsung sinar matahari. saat itu sebagai mahasiswa yang kemana-mana pakai motor, mana mungkin saya menghindari paparan sinar matahari.

Singkat cerita, akhirnya dari Dokter kulit yang lain saya baru mengetahui kalau krim-krim pengeluapasan tersebut sangat berbahaya karna mengikis lapisan kulit ari kita yang sebenarnya dapat melindungi wajah kita dari berbagai macam bahaya debu dan sinar UV. 

Semenjak itu kesehatan kulit wajah sangat penting bagi saya karna apa yang kita jaga dimasa sekarang pastinya bisa berimbas juga dimasa tua kita nati. Semenjak saat itu goals saya terhadap kulit wajah saya adalah tidak perlu kulit wajah yang terlalu kinclong, yang penting sehat dan terawat. memang setelah beralih ke skincare yang berbahan dasar alami, kulit ari diwajah saya mulai terbentuk kembali dan wajah saya jadi mulai tahan banting lagi dan ga mudah breakdown walaupun jarang dirawat. 

setelah menikah dan punya anak, karna seringkali terlalu Lelah. saya jadi jarang merawat wajah. alhasil wajah saya agak kusam dan banyak timbul flek hitam. Akhirnya kesadaran saya untuk merawat wajah kembali timbul. Karna mungkin sudah cukup parah, maka Skincare saja tidak cukup mengembalikan keindahan kulit wajah saya. akhirnya setelah mengetahui berbagai macam manfaat buah Lemon untuk kesehatan kulit wajah, saya mulai rutin mencoba dan mengkombinasikan Face mask dari buah Lemon ini

Kandungan dan Manfaat Buah Lemon



Vitamin C 

Buah Lemon memiliki kandungan Vitamin C sebanyak 53 mg atau sebesar 59%. Vitamin C tentu banyak memiliki manfaat baik untuk tubuh dan kulit. beberapa diantaranya adalah
1. Mengurangi Flek hitam
2. Menstimulus terbentuknya Collagen sehingga kulit lebih kencang, kenyal dan lembab
3. Mencerahkan dan meratakan warna kulit
4. Mengurangi inflamasi/peradangan dan iritasi pada kulit

Vitamin B6

Vitamin B6 yang terkandung dalam Lemon dapat mengurangi kulit kering, jerawat, gatal-gatal dan masalah kulit lainnya

Asam Sitrat

Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk Lemon bermanfaat sebagai
1. Exfoliant atau Pengelupas sel-sel kulit mati
2. mengurangi kadar minyak di kulit
3. menghilangkan komedo dan jerawat

Potassium/Kalium

Potassium atau Kalium pada Jeruk Lemon dapat berperan untuk meng-hidrasi dan melembabkan kulit

Asam Folat

Kandungan Asam Folat dapat membuat kulit wajah terlihat cerah dan glowing

Antibakteri

Jeruk lemon juga bersifat sebagai Astringent yang dapat menyegarkan kulit dan juga Antibakteri sehingga dapat melawan radikal-radikal bebas dan bakteri penyebab jerawat pada kulit wajah.



Kombinasi DIY Lemon Face Mask

Lemon Face Mask untuk menghilangkan komedo dan jerawat



Kombinasi Lemon Face Mask untuk kulit Sensitive

Tambahkan 
1 sendok makan Aloe vera  
1 sendok teh Perasan Jeruk lemon
kemudian aduk hingga rata dan apply diwajah dengan menggunakan tangan atau kuas dan diamkan selama 20 menit atau hingga kering, kemudian bilas.

Aloe vera memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi dan anti-bacterial sehingga sangat efektif untuk membantu kulit sensitive agar terhindar dari komedo dan jerawat

Kombinasi Lemon Face Mask untuk mencerahkan kulit

Tambahkan 
1 Sendok teh Perasan Jeruk Lemon 
1 sendok makan Perasan air mentimun, 
aduk hingga merata dan oleskan pada wajah. Diamkan hingga kering lalu bilas.

Hampir sama halnya dengan Jeruk Lemon, Mentimun juga mengandung vitamin C dan kandungan air yang cukup tinggi. selain itu mentimun juga mengandung Vitamin A yang berfungsi sebagai anti-oksidan sehingga dapat membuat kulit wajah lebih sehat dan cerah

Kombinasi Lemon Face Mask untuk Kulit Berminyak

Tambahkan 
1 Sendok teh Perasan Jeruk Lemon 
1 Butir Putih Telur 
aduk hingga merata dan oleskan pada wajah. Diamkan hingga kering lalu bilas.

Putih Telur dapat membersihkan racun-racun dalam pori-pori dan mengencangkannya, sehingga efektif mengilangkan komedo dan jerawat. setelah pemakaian putih telur biasanya kulit akan terasa kencang, halus dan lembut.

Lemon Face Mask untuk Revitalisasi Kulit 



1 Sendok teh Perasan Jeruk Lemon
1 Sendok makan Madu
1 Sendok makan bubuk teh hijau
Aduk hingga merata dan apply pada wajah
Tunggu 15-20 menit, kemudian bilas 

Teh hijau dan madu dapat bertindak sebagai detoksifikasi sehingga dapat mempercepat regenerasi kulit dan memperbaiki kesehatan, elastisitas dan kekenyalan kulit. kandungan kafein pada teh hijau juga dapat mengurangi kantung pada mata.




Lemon Face Mask untuk Exfoliating Scrub






1 Sendok makan Perasan Jeruk Lemon
1 Sendok teh Minyak Zaitun
1 Sendok makan garam
Aduk hingga merata dan gosokkan pada wajah
kemudian diamkan selama 15 menit lalu bilas

Vitamin E pada minyak Zaitun dapat menutrisi kulit dan mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit baru. Sedangkan Garam digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati, komedo dan kotoran-kotoran yang menempel pada kulit. 

Conclusion

Sebenarnya DIY Lemon Face mask ini tidak hanya dapat digunakan seminggu sekali. kalian bisa pakai sesering mungkin sesuai kebutuhan kulit kalian, bahkan saya saring sekali pakai perasan jeruk Lemon sebelum tidur dan sebelum pakai night cream. Diantara semua kombinasi Lemon Face mask diatas saya paling sering menggunakan Lemon-Mentimun dan Lemon-Aloe vera. setelah minimal 2 minggu sampai 1 bulan treatment dengan Jeruk Lemon ini wajah akan terlihat lebih lembab, segar, dan cerah merona. Komedo juga sangat jauh berkurang dan Jerawat jaraang sekali muncul. kalaupun muncul akan cepat kering.  

Nah gimana nih? Penasaran mau Coba? Semoga Sharing diatas bermanfaat yaah ^,^


Comments

Post a Comment

You may like this

Popular Posts