Curahan Hati Tentang Bandung, 5 Hal yang Bikin kangen


Hai Pemirsah! Eh, Pembaca, Kali ini aku bakal ceritain tentang 5 hal yang aku sukai tentang Bandung. Dan artikel ini merupakan kali kedua aku Collab bareng Bandung Hijab Blogger (BHB).


Ngomongin soal Bandung emang ga pernah ada habisnya. Bandung has been my favorite city since the first time I came here. banyak banget hal yang bikin aku jatuh cinta sama Bandung. Sebenarnya aku itu bukan asli lahir di Bandung bahkan sebenarnya, aku lahir di Bekasi dan kedua orang tuaku juga orang jawa, so Bandung actually didn't have any relationship with me, nor my family. Tapi entah kenapa sejak pertama aku dan keluarga pindah ke bandung sekitar 13 tahun yang lalu, aku langsung merasa nyaman.

Jadi aku dan keluargaku pindah ke Bandung dari kota asalku Bekasi pada tahun 2005, saat aku lulus SMP. Saat itu kebetulan Bapak-ku sedang bertugas di kota Batam, sedangkan kakakku sedang kuliah di Bandung. karena orang tuaku merasa pengeluaran cukup besar karena harus membiayai pengeluaran ditiga tempat yang berbeda, maka aku yang saat itu baru lulus SMP diminta menentukan apakah mau melanjutkan sekolah di Batam atau di Bandung. yang mana menjadi penentu juga dimana seluruh keluargaku akan menetap sementara Bapak-ku dinas di Batam.

Setelah mengobservasi beberapa SMA baik di Batam maupun di Bandung, tanpa fikir Panjang aku langsung memilih Bandung. Alasanku sih sederhana, typically anak remaja pada umumnya. Jadi alasan yang pertama adalah karena lokasi SMA favorit di Batam saat itu masih berada ditengah hutan, selain biaya hidup yang lebih tinggi yang sudah pasti mempengaruhi uang jajan, dan ketiga adalah Udara yang sangat panas dan gersang. bahkan lebih panas jika dibandingkan dengan Jakarta dan Bekasi saat itu. Hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan Bandung. Bandung memiliki cuaca yang sejuk, walaupun terik tapi anginnya tetap lebih sejuk dari kota Bekasi apalagi Batam. Selain itu banyak sekolah dengan standar bangunan dan fasilitas yang lebih baik dari 2 kota lainnya tersebut. And the Last but not least adalah to be honest, masa muda adalah masa hunting. ya kaan! jadi aku merasa di Bandung itu banyak cowo ganteng yang punya standard Skintone yang 2 tingkat lebih cerah dari 2 kota lainnya, jadi saat itu aku berharap banget bisa dapet jodoh orang Bandung. Eh Kesampaian deh (tuh kaan jadi curcol)

Nah, since then Bandung selalu jadi zona nyaman-ku. Walaupun saat itu aku belum lama tinggal di Bandung tapi aku sudah merasa kalau Bandung akan selalu jadi kampung halamanku. Walaupun aku ga ada keturunan sunda sama sekali, tapi aku ga pernah merasa asing sama Bandung. Sebenarnya banyak hal yang aku sukai dari kota Bandung, dan 5 diantaranya bakal aku share buat kalian semua.

Aku suka Keramahannya

Tau gak sih kalian, Pertama kali yang bikin aku amaze sama Bandung adalah keramahan orang-orangnya. kalau kalian pernah tinggal dikota lain. pasti bisa merasakan banget perbedaannya. bahkan polisi "gopek" sama tukang parkir aja bilang "nuhun" tiap habis kita kasih uang. Beda banget sama kota-kota lain yang pernah aku kunjungi. Contoh lainnya adalah kita ga pernah saling serobot-serobotan kalau lagi ngantri toilet. Jarang banget aku temuin orang main ketok-ketok pintu toilet padahal kita baru masuk. kalaupun ada biasanya orang pendatang yang belum faham sama perilaku kebanyakan orang Bandung. Keramahan dan kelembutan warga Bandung sudah terlihat dari hal kecil seperti menunjuk menggunakan jempol, melembutkan suara saat berbicara terutama denga orang baru kenal, dan saling menganggukkan kepala saat berpapasan dengan warga sekitar walaupun belum kenal.

Contoh kecil yang aku alami belakangan ini adalah ketika aku ngantri di Toilet umum karena anakku mau buang air kecil. Antrian saat itu cukup Panjang, ada sekitar 3 orang didepanku. Tapi karena anakku terus bilang "ga tahan" jadi mereka kompak untuk menyuruhku lebih dulu masuk. wah luar biasa kan. ga pernah lho aku temui hal seperti itu, baik di kota asalku sebelumnya ataupun di kota lain yang pernah aku kunjungi.

Aku Suka Udaranya


Gunug Tangkuban Perahu - Source: www.wirausahabarujabar.net

Situ Patenggang - Source: www.anekatempatwisata.com
Kebun Teh Rancabali - Source: www.anekatempatwisata.com


Glamping lakeside pinisi resto Ciwidey - photo credit: @etet_teterekel

Siapa sih yang gak suka sama Udara yang dingin, sejuk, dan angin yang berhembus sepoi-sepoi. walaupun belakangan Bandung sudah mulai sedikit Hareudang dan terik. Tetap saja Bandung lebih dingin dibandingkan banyak kota di Indonesia. Bandung sendiri dikelilingi oleh wilayah pegunungan, sehingga membuatnya bagaikan mongkok raksasa. Bandung memiliki tinggi daratan kurang lebih 768 M diatas permukaan laut dan wilayah tertingginya adalah pada bagian utara dengan ketinggian 1050 M diatas permukaan laut. itu sebabnya Bandung memiliki Udara yang dingin dan sejuk.

Aku Suka Suasananya

Dago - Source: www.seismicell.blogspot.com

Salah satu yang aku suka dari Bandung adalah Suasana perkotaannya banyak dibingkai dengan pepohonan rindang di sepanjang trotoarnya.

Trotoar Jalan dago - Photo Credit: Twitter @ridwankamil


Dago - Source: www.otakbuntu.com

Teras Cihampelas - Source: old.presidentpost.id

Selain pepohonan yang rindang, bangunan tua bergaya arsitektur Belanda juga banyak mengiasi pemandangan kota Bandung. bahkan tak hanya bangunan Gedung besar, rumah-rumah bergaya Belanda pun masih mudah kita temui dikota Bandung. Pemandangan tersebut membuat Bandung terlihat lebih eksotis dan berkesan vintage. 

Source: therejournal.weebly.com

Source: www.flickr.com

Gedung Merdeka- Source: telusur-bandung.blogspot.com

Selain itu, (thank's to Pak Ridwan Kamil) kota Bandung juga memiliki banyak Taman-taman kota yang bisa dipakai untuk hangout dan foto-foto syantik ala selebgram.

Taman Film - Source: media.travelingyuk.com


Taman Vanda - Source: www.klikhotel.com

Teras Cikapundung - Source: www.klikhotel.com


Aku Suka Kreatifnya

Bandung selalu terkenal denga kota kreatif. Banyak seniman-seniman lahir dari kota Bandung. bahkan Pak Ridwan Kamil juga menyediakan Bandung Creative Hub yang biasa digunakan sebagai ajang berkumpulnya komunitas-komunitas kreatif untuk saling bersilaturahim dan sharing knowledge. 

Bandung Creative Hub - Source: (Unknown)

Industri kreatif juga banyak sekali berkembang di Bandung seperti industry Fashion, kuliner, rekreasi dan banyak lainnya yang tentunya berhubungan dengan kreatifitas dan anak muda. Sebagai orang yang sangat menyukai seni dan menekuni bidang industry kreatif, aku pribadi merasa senang berada di Bandung karena bisa banyak bertemu dengan orang yang memiliki passion dan interest yang serupa.

Aku Suka Kenangannya

Bicara soal kenangan pasti Bandung ga ada duanya. seperti kata ayah Pidi Baiq.
Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi - Pidi baiq
Quotes Pidi Baiq Jl. Asia Afrika - Source: Pinterest

Selama 13 tahun di Bandung tentu Bandung sudah menjadi kampung halamanku dimana aku memulai banyak cerita tentang hidup aku. Kata orang "masa remaja, masa yang paling Indah" aku banyak banget melewati masa 4L4Y remajaku di Bandung. Aku sendiri sudah "jalan bareng" dengan suamiku saat ini sejak masih duduk dibangku kelas 2 SMA. Jadi jangan tanya kenangan kisah cinta kami, udah pasti banyak banget *uhuuk..uhuukk*. 

Aku sekolah di SMAN 22 Bandung didaerah Rajamantri Kulon, Buah Batu. Setelah lulus SMA, aku melanjutkan kuliah di Institut Teknologi Telkom Bandung (IT Telkom Bandung) atau sekarang dikenal dengan nama TELKOM University (TEL-U) dikawasan Dayeuh kolot Bandung Jurusan Teknik Industri angkatan 2009. Masa-masa kuliah adalah masa-masa yang paling berkesan. Karena banyaknya tugas-tugas dan aktivitas, kampus sudah bagaikan rumah keduaku. Saat kuliah aku sendiri aktif sebagai Pengurus Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) dan menjadi salah satu Asisten Laboratorium Proses Manufaktur. Jadi pulang diatas jam 12 malam sudah jadi hal biasa. Makanya bagiku Dayeuh Kolot seperti memiliki kekuatan elektromagnetik besar yang dapat menghirup semua memori-memori kenangan masa kuliah setiap kali aku melintasinya (jijik ih sok puitis gitu)

Danau Galau Tel-U - Source: www.anaktelkom.com


Learning Center Tel-U

So, I Love Everything About Bandung 

Bandung tetap akan selalu ada dihati, walaupun  memang sejujurnya Bandung tidak sebersih dan setertib kebanyakan kota-kota metropolis dan ibu kota dikebanyakan propinsi di Indonesia. Selain itu Banyaknya pendatang juga membuat Bandung semakin macet (hei Ayu, emang kamu bukan pendatang?), iyasih aku juga pendatang tapi kan aku datang waktu Bandung masih belum semacet sekarang *Ngeles*. Sebenarnya semua persoalan itu bukan hanya menjadi PR bagi Pemkot kota Bandung saja, melainkan tugas kita semua untuk dapat menciptakan suasana kota Bandung yang nyaman, bersih, tertib dan kondusif. Karena sebaik-baiknya program apapun yang dibuat oleh pemerintah tentunya tidak akan dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya dukungan langsung dari warga kota Bandung itu sendiri. Oiya yang Cinta sama Bandung ga cuma aku aja lho. Baca juga yuk gimana Bandung dimata temanku Teh ANISA FIRDAUSI.

Oiya BTW pada tanggal 25 September 2018 kemarin bertepatan dengan Ulang tahun Kota Bandung yang ke-204 tahun lho. Semoga semua warga Bandung semakin Bahagia dan Sejahtera yaah. Selamat Ulang Tahun Bandung!

Comments

  1. Aku suka udaranyaa... Dan juga Dilan ketika menembus hujan bersama Milea hahahhaah

    ReplyDelete
  2. bucket list yang sampai sekarang belum kesampaian yaitu Glamping di Ciwidey btw entah kenapa suka jadi melow kalo inget kota Bandung teh, terlalu banyak kenangannya

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka semuaa tentang bandung hihihi, apalagi kulinernya.

    ReplyDelete
  4. Kalo buat aku Bandung itu paket komplit, suasana alamnya dapet, perkotaannya juga dapet hehe

    ReplyDelete
  5. Bandung juga kerupuknya enak2, ada yg namanya kerupuk DDN. kenalga? hehe
    dikota lain gak ada soalnya

    ReplyDelete
  6. Wah aku sebagai warga asli Bandung merasa tersanjung, ada orang dari luar Bandung yang tinggal dan betah di Bandung..

    ReplyDelete
  7. Bandunh emang kota kenangan.. selain emang udh lama tinggal di sini ya semua kenangan ada di sini

    ReplyDelete
  8. Taman tamannya emang mantap sih. Memfasilitasi muda mudi biar punya aktivitas positif di luar ruangan, gak cuma main hp aja. Hhi

    ReplyDelete
  9. Aku baru 4 tahun aja udah jatuh cinta begini teh wkwk

    ReplyDelete
  10. Hihi saya lahir dan besar di Bandung antara love and hate gitu deh, kadang seneng makan enak tapi kadang bete kalo macet, salam kenal ya Teh

    ReplyDelete
  11. duhhh bener banget, bandung selalu bikin pengen kesana lagi dan lagi. terakhir kesana pas tahun baru 2018, tapi cuma 2 hari aja, kuranggggg banget!

    www.innaistantina.com

    ReplyDelete
  12. akhirnya ada yang sadar kalau tema kolaborasi kita ini memperingati Hari Ulang Tahun Bandung :))

    ReplyDelete
  13. Bandung emang lovely banget ya teh..semua memorinya ada disni :)

    ReplyDelete

Post a Comment

You may like this

Popular Posts