Dapat Banyak Ilmu di Acara Azalea Hijab Dating dan Workshop Bersama Bandung Hijab Blogger



Sabtu, 15 September 2018, Pagi 06.30 aku sudah selesai mandi dan bersih-bersih rumah. segala persiapanpun sudah disiapkan dari semalam. Anak keduaku, Zidan kebetulan memang sejak malam sudah aku titipkan ke rumah Ibu-ku yang jaraknya hanya sekitar 100 meter saja dari rumahku. Hari itu untungnya anak pertamaku, Azki bangun pagi, jadi aku nggak perlu bersusah payah membangunkan dan memaksa dia mandi. Akhirnya setelah semuanya siap tinggal giliran sang emak yang menyihir diri sendiri supaya berubah dari upik abu menjadi seorang princess. yeah, that's what all mothers do

Setelah semua ON dan ijin suami sudah dikantongi, saatnya berangkat. Tepat pukul 10.30 aku baru  berangkat bersama Azki si sahabat baruku. Pagi itu, Alhamdulillah, jalanan tidak seramai hari sabtu pada umumnya. jadi perjalanan antara Margacinta dan Jalan Bengawan yang biasanya bisa sampai 1 jam, hari itu dapat ditempuh hanya dengan 30 menit saja dengan mobil. Fiufh, beruntungnya aku, karena kalau macet pasti aku sudah terlambat hadir ditempat.

Okay, jadi sabtu kemarin aku datang ke acara Workshop yang berjudul "Photography Tips for Bloggers" Bersama Bandung Hijab Blogger yang berkolaborasi dengan Azalea Beauty Hijab yang  bertempat di Makeupuccino, Bandung. To be honest, i'm so excited about this event even though I little bit nervous at the beginning, karena ini merupakan pertama kalinya aku hadir diacara blogger gathering yang mana aku belum pernah bertatap muka langsung dengan satu orang-pun disana. Tapi ternyata suasana cair banget. semua orang baik-baik banget and I was so glad to be there.

Disana, selain dapat banyak teman baru, ternyata aku juga dapat banyak ilmu, baik tentang dunia blogging, photo blogging, bahkan sampai ke bagaimana cara merawat rambut untuk wanita berhijab Bersama Azalea Hijab Beauty. Wow, amazing kan! Jadi Se-seru apa sih acaranya, ini dia recap-nya buat kalian.

Suasana Workshop Photography For Blogging Bersama BHB dan Azalea Hijab Beauty


Kenalan Sama Bandung Hijab Blogger dulu yuk!


Teh Nesa (kiri) dan Teh Rara (kanan) sedang menjelaskan tentang BHB

Diawal acara kita ngobrol-ngobrol sama 2 teteh-teteh kece yang merupakan Founder dari BHB atau Bandung Hijab Blogger yaitu Teh Rara Febtarina (Rara) dan Teh Neisia Larasati (Nesa). Mereka itu blogger-blogger keren lho. Hebatnya lagi mereka berdua adalah sahabat. Luar Biasa ga sih! dari sahabatan bisa mencetuskan suatu komunitas, Salut deh pokoknya. 

Jadi apa sih Bandung Hijab Blogger? Teh Rara menjelaskan kalau Bandung Hijab Blogger merupakan suatu wadah untuk para blogger muslimah Kota Bandung dan sekitarnya untuk bisa saling sharing, saling menambah wawasan melalui Blogwalking kepada sesama anggota BHB, dan saling mendukung untuk sesama blogger. Jujur yah dengan adanya BHB ini sangat membantu aku pribadi sebagai Newbie untuk banyak belajar dan berbagi ilmu tentang dunia Blogging

Teh Nesa juga menambahkan bahwa dengan Blogging atau  Nge-Blog kita juga dapat mengasah pikiran kita. Selain itu Nge-Blog juga bisa menambah wawasan kita, karena secara otomatis kita akan jadi lebih banyak membaca tulisan teman-teman sesama blogger dan saling sharing ilmu. Selain itu pastinya kita juga akan berusaha memperbanyak referensi dan wawasan untuk memberikan informasi yang baik untuk dibagikan di blog kita.

Jadi Untuk kalian blogger Bandung yang belum join, tunggu apalagi. buruan join BHB. Buat kalian yang belum punya blog dan ingin belajar untuk jadi Blogger juga bisa gabung lho dan belajar langsung dari teman-teman Blogger yang sudah berpengalaman. kaya yang aku lakukan sekarang yaitu learning by doing. Mau tau lebih lanjut tentang BHB, langsung aja kepo-in Instagramnya di @BandungHijabBlogger

Azalea Hijab Dating Bersama Azalea Beauty Hijab.

Selesai chit-chat bareng Teh Rara dan Teh Nesa tentang BHB, kita lanjut dengan membahas masalah rambut berhijab Bersama Teh Sarah, Brand Executive dari Azalea Hijab Beauty. 

Teh Nesa (Kiri), Teh Rara (Tengah) dan Teh Sarah (Kanan)

Apa sih Azalea itu?

Teh Sarah mengungkapkan bahwa Azalea merupakan sister Brand dari Produk perawatan rambut Natur (Azalea Inspired by Natur). Azalea merupakan The Real Hijab Care yang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan dan mengatasi berbagai masalah rambut wanita berhijab. seperti contohnya rontok, mudah lepek, bau, ketombe, kulit kepala berminyak dan banyak hal lainnya. Azalea sendiri memiliki dua varian produk yaitu Azalea Shampoo dan Azalea Hair Hijab & Body Mist. Jujur saja aku baru tau lho sama yang namanya Hair Hijab & Body Mist ini (kudet yah). ternyata Hair Hijab & Body Mist ini bisa digunakan untuk menyegarkan rambut dan kulit kepala dengan cukup disemprotkan saja ke hijab dengan jarak 10-15 cm, dan bau apek matahari hilang seketika.

Azalea Beauty Hijab Shampoo


Azalea Shampoo



Shampoo Hijab dari Azalea merupakan Shampoo Halal yang mengandung bahan alami minyak zaitun dan ekstrak Ginseng. Minyak zaitun sendiri mengandung Vitamin E dan D yang dapat menjaga kelembaban rambut dan membuatnya lebih kuat sehingga terasa lebih subur dan tidak mudah rontok. selain itu Minyak Zaitun juga bermanfaat untuk membuat rambut terasa mengembang dan melembutkan tiap helaian rambut.

Sedangkan Ekstrak ginseng sendiri memiliki banyak manfaat untuk rambut, diantaranya adalah sebagai antibakteri sehingga ampuh menghilangkan ketombe. selain itu Ginseng juga dapat memberikan nutrisi ekstra kepada akar rambut sehingga akar rambut lebih kuat dan terhindar dari masalah kerontokan. Tidak hanya itu, kandungan minyak atsiri dan fitosterol pada ginseng juga dapat menangkal kerusakan rambut akibat radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai kerusakan rambut dan timbulnya uban sebelum waktunya.

How about my Impression?

Hampir sama dengan shampoo Natur yang berbahan dasar alami. Shampo Azalea ini juga tidak terlalu harum ketika dipakai. Namun ketika rambut kering, terasa sekali keampuhan khasiatnya. Rambutku jadi terasa lebih lembut, ringan, dan mengembang. ketika dipegang terasa sangat halus dan terlihat lebih ber-volume. Pokoknya jadi seneng deh pegang-pegang-in rambut sendiri. Sebenarnya rambutku bukan tipe rambut yang memiliki masalah kerontokan yang parah walaupun ada saja 1 atau 2 rambut yang rontok ketika disisir. tapi semenjak menggunakan Shampo Azalea ini Rontoknya jauh sekali berkurang. bahkan hampir tidak ada rambut yang rontok ketika disisir. Wow. how amaze i'm with this product.

Azalea Hair Hijab & Body Mist

Azalea Hair Hijab & Body Mist


Hampir serupa dengan Shampo Azalea, Hair Hijab & Body Mist dari Azalea ini mengandung Minyak zaitun yang dapat melembabkan dan menguatkan helaian rambut dan embuatnya lebih lembut. Yang berbeda adalah pada Hair Hijab & Body Mist Azalea ini mengandung ekstrak Aloe Vera yang terkenal punya segudang khasiat dan manfaat baik bagi kulit maupun rambut pastinya. Ekstrak Aloe Vera ini mengandung Protein, Kalsium, Magnesium, Zinc, Vitamin C, Asam amino, Enzim-enzim dan Germanium yang dapat berkhasiat sebagai penghitam rambut, memberi kilau pada rambut, memperkuat dan melembabkan rambut, mencegah rambut rontok, mengatasi rambut berminyak dan banyak permasalahan rambut lainnya.


How about my Impression?



Jadi awal mencoba Hair Hijab & Body Mist ini adalah ketika acara Azalea HIjab Dating. Saat itu aku langsung coba disemprotkan ke hijab dengan jarak 10 - 15 cm. Awalnya agak ragu apakah bisa berpengaruh mendinginkan kepala. Ternyata setelah ditunggu beberapa saat, It magically works. sungguh aku terheran-heran dan terperanga. Padahal saat itu aku pakai hijab berbahan satin maxmara dan inner hijab lagi didalamnya. tapi benar-benar tiba-tiba terasa dingin semriwing dikepala. Dan yang pasti harumnya benar-benar mengalihkan duniaku. Harumnya yang benar-benar segar, cocok sekali untuk kalian yang suka pakai motor kemana-mana atau buat kalian yang memiliki mobilitas tinggi diluar ruangan. Tinggal semprot, bau matahari bisa langsung pergi seketika dan harum seharian.


Selain untuk Hijab, Hair Hijab &  Body mist ini juga bisa disemprotkan langsung ke rambut dan kepala. Hair Mist ini berfungsi melengkapi treatment dari Shampo Azalea itu sendiri. Seperti yang sudah aku ceritakan bahwa Shampo Azalea ini tidak terlalu harum. Jadi untuk mendapatkan aroma rambut yang lebih harum dan lembut, kalian bisa langsung semprotkan Hair Hijab & Body Mist ini setelah selasai keramas.


untuk informasi lengkap bisa langsung aja cek Instagramnya di @AzaleaBeautyHijab


Belajar Blogging Dari Dyah Prameswarie

Disesi ketiga, Setelah kita kenalan dengan BHB dan Azalea Beauty Hijab, kita langsung masuk ke materi yang bermanfaat banget untuk para blogger, terutama untuk aku yang notabene masih belajar banget di Dunia per-blogging-an ini. 

Teh Rara (Kiri) mewawancarai Teh Dydie (Kanan)


Kenalan Dulu Yuk!

Dyah Prameswarie atau sapaan akrabnya Dydie adalah seorang food blogger. Beliau mengatakan bahwa awal karir menulisnya dimulai bukan dari menjadi seorang blogger, melainkan melalui menulis buku terlebih dahulu. FYI nih teman-teman, Teh Dydie ini sudah menulis 4 buku fiksi kuliner yang berjudul "Djoeroe Masak". Teh Dydie mengungkapkan bahwa fiksi kuliner merupakan buku cerita fiksi yang sebagian besar ceritanya mengandung unsur kuliner atau makanan. 

Aku sendiri penasaran banget seperti apa yah Fiksi Kuliner itu? Mungkin habis ini langsung deh cari bukunya the Dydie ini.

             

                
Buku "Djoeroe Masak" Karya Dyah Prameswarie (image Source: www.goodreads.com)


Selain bercerita sedikit tentang bukunya, Teh Dydie juga memberi banyak wejangan bagaimana caranya menulis di Blog. Beliau menegaskan bahwa salah satu hal yang terpenting adalah memahami tentang Teknik penulisan, Seperti EYD. Penggunaan EYD ini seringkali dianggap sepele oleh blogger karena mereka merasa bahwa "ini Blog kita" jadi tidak perlu terlalu formal. Padahal walaupun kita menggunakan Bahasa yang tidak terlalu formal, tapi sebagai penulis, EYD-nya tetap harus diperhatikan. Minimal kita dapat mengerti mengenai peletakan kata "Di" sebagai kata depan atau "Di" sebagai awalan. (Wah harus belajar lagi nih aku)

Selain EYD, hal lain yang harus diperhatikan adalah pentingnya menjadi diri sendiri. Teh Dydie tidak menyalahkan apabila mungkin sedikit banyak kita ter-influence tulisan orang yang sering kita baca. Namun walau begitu, kita juga harus punya gaya Bahasa menulis kita sendiri, agar tulisan kita dapat dengan mudah dikenali oleh pembaca. Mungkin ini yang dinamakan Personal Branding yah.
Hal terakhir yang Teh Dydie ungkapkan mengenai Blogging adalah selalu tentukan tema atau Bahasa kerennya adalah niche (red: nich) supaya Blog kita tidak campur-campur seperti "Karedok". Karena apabila blog kita campur-campur seperti "karedok" pembaca akan lebih mudah lupa dengan siapa kita, dan apa saja yang telah kita tulis.

Poin Untuk Blogger Baru

Poinnya adalah untuk Blogger baru supaya untuk selalu Riset sebelum menulis. walaupun blog ini milik kita, tapi kita tetap harus bertanggung jawab atas apa yang telah kita tulis. Artinya tulisan kita harus orisinil dan informasi yang kita suguhkan juga harus valid. Karena melalui internet, pembaca bisa datang darimana saja dan kapan saja.

Poin yang kedua adalah selalu gunakan Foto yang baik. Nah, hal ini berhubungan nih dengan obrolan kita selanjutnya Bersama teh Nadia Putri dari Lensa Kreatif.


Tips Membuat Foto Bagus di Blog Bersama Nadia Putri

Lanjut ke sesi terakhir dari acara, kita belajar tentang 8 tips membuat foto untuk Blog Bersama Teh Nadia Putri dari Lensa Kreatif. 

Teh Nadia Putri sedang menjelaskan menggenai Photography for Blogging


Sebelum membahas 8 tips tersebut, teh Nadia menceritakan terlebih dahulu mengenai perbedaan kamera DSLR dan Mirrorless dengan kamera HP. Karena sesungguhnya kamera HP jaman now juga sudah cukup canggih untuk digunakan untuk fotografi. asalkan memiliki resolusi minimal 12 MP.

Jadi apa perbedaannya?
Teh Nadia mengungkapkan bahwa Kamera DSLR dan sejenisnya menghasilkan resolusi atau ukuran gambar yang lebih besar. jadi sangat menunjang hasil gambar ketika gambar tersebut dicetak atau di-print. Namun apabila foto atau gambar hanya ditampilkan di media digital seperti blog, maka kamera HP sudah cukup untuk menghasilkan gambar yang bagus. karena sebenarnya semua itu tergantung tekniknya.

8 Tips membuat foto di Blog

Teh Nadia kemudian menjelaskan mengenai 8 tips untuk membuat foto yang bagus demi menunjang tampilan blog kita. yaitu:

Tentukan Tema dan Konsep Foto
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mementukan tema foto. tema foto harus disesuaikan denga kebutuhan artikel. jadi kalau tema-nya mengenai makanan, maka foto yang ditampilkan juga harus mengenai makanan dan property yang digunakan untuk background foto juga harus berhubungan dengan makanan tersebut.

Gunakan Kamera Minimal 12 Megapiksel
Untuk menghasilkan foto yang bagus ntuk blog ternyata bisa dengan hanya menggunakan kamera HP. Namun, agar foto tersebut enak dipandang, usahakan minimal kamera HP yang dipakai memiliki resolusi 12 MP. Supaya tidak terlalu buram yang tentunya dapat menunjang keindahan blog kita.

Atur Intensitas Cahaya
Cahaya menjadi salah satu faktor penting terciptanya foto yang bagus dan enak dilihat. Jadi ketika memfoto suatu objek jangan remehkan cahaya. Cahaya bisa diperoleh dari sinar matahari ataupun lampu. selain cahya itu sendiri, Arah sorot cahaya juga harus diperhatikan. agar gambar tidak gelap sebelah atau menghasilkan warna yang tidak sesuai dengan aslinya. Nah itulah peran penting dari reflector. Reflektor sendiri bisa diperoleh di toko perlengkapan kamera atau untuk yang minim budget bisa juga membuatnya sendiri dengan menggunakan alumunium foil.

Natural Light Is The Best
Lighting kamera seringkali membutuhkan biaya yang cukup mahal. Tapi jangan khawatir, karena ternyata cahaya matahari langsung adalah Lighting terbaik untuk menhasilkan foto yang eye catchy. kalian bisa memanfaatkan cahaya matahari pada waktu Golden Hour yaitu pagi pukul  7-9 atau sore pukul 15-17. 

Pentingnya Backdrop dan Properti Foto
Jangan remehkan property foto. Properti foto dan backdrop yang indah dan sesuai dapat menunjang kecantikan dan keindahan foto yang kita ambil. tapi hati-hati juga. Properti foto jangan sampai memiliki proporsi yang lebih besar daripada objek foto itu sendiri. salah-salah, pembaca nanti malah akan kebingungan dengan objek asli foto yang dimaksud. selain itu untuk backdrop juga gunakan warna yang lebih soft dari objeknya. Jangan gunakan warna yang justru dapat mematikan Objek foto, sebagai contoh jika objek berwarna Hijau, maka gunakan warna yang lebih lembut dari itu. jangan gunakan warna merah, ataupun Hijau lagi karena nanti komposisi warnanya akan mati.

Angle
Pemilihan angle juga harus diperhatikan, jangan asal-asalan ketika memilih angle. ada berbagai macam angle  yang dapat kita gunakan untuk mengambil foto seperti Flatlay, eye level, atau Bird eye level.

Tentukan Nuansa Warna Foto
Dalam menentukan Nuansa warna foto usahakan hanya menggunakan 2-3 warna. Jangan gunakan terlalu banyak elemen warna agar tidak terlalu ramai

Jangan Pajang Foto yang Belum Diedit
Usahakan setiap foto yang akan dipajang sedikit di retouch kecuali memang hasil foto sudah cerah dan indah. Sedikit tips dari teh Nadia yaitu jangan sedikitpun gunakan filter pada foto makanan ataupun foto produk. karena foto makanan dan foto produk harus benar-benar sesuai dengan warna aslinya.

Setelah Teh Nadia menyampaikan materi dan menjawab beberapa pertanyaan dari peserta, kami dipersilahkan mencoba teknik fotografi yang telah disampaikan dengan property yang telah dipersiapkan oleh teh Nadia Putri

Diriku Tercyduck memfoto property yang telah disiapkan

Hasil Jepretan ku


It's A Wrap

Nah Itu dia semua kegiatan dan ilmu yang sudah kita dapat dalam acara Workshop Photography tips for Bloggers Bersama BHB dan Azalea Hijab Dating Bersama Azalea Beauty Hijab pada hari Sabtu kemarin. sebelum acara berakhir, kita juga disuguhkan makan siang yang super uueenak dari Makeupuccino. (Aku suka banget sih sama sambel matah-nya, asli enaknya)

dan disesi terakhir kita juga diajak untuk bermain game dan berfoto-foto Bersama sebagai kenang-kenangan. 



Sesi Foto-foto Peserta Workshop 

It's really such a nice experience to be there. nggak nyesel banget udah datang ke acara ini.
Semoga kita bisa bertemu lagi di event-event selanjutnya yah Bandung Hijab Blogger. 

Comments

  1. Salam kenal, Ayu. Terima kasih ulasan lengkapnya.

    Omong-omong, blognya keren, tulisannya mengalir. Suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaaaakk.. Seneng bangett dipuji Blogger papan atas. makasihh banyak teh Dydie for being so humble. Makasih juga sharing ilmunya di acara BHB. pengen belajar banyak tentang nulis nih sama teteh.

      Delete
  2. Kita ketemu di acara yang sama teh, hehe..mudah-mudahan bisa dapet invitation lagi yang lebih seru tentunya :)
    Btw, tulisannya bagus, lengkap banget :)

    ReplyDelete
  3. Sukaaaaa semuanya. Tulisannya eye catchy trus lengkap banget.

    ReplyDelete
  4. lengkap banget teh Ayuuu, calon2 pemenang nih hihi

    ReplyDelete
  5. Kece... seru acaranya yah belajar foto juga

    ReplyDelete
  6. Acaranya seru ya, syg banget aku kemarin gak bisa datang :(

    ReplyDelete
  7. Seru banget teh acaranya. Ilmunya juga keren banget!!

    ReplyDelete
  8. Favorit banget deh produk dari Azaleađź’•

    ReplyDelete
  9. Seru yahh acaranya, aku juga dpt banyak ilmu dtg kesini

    ReplyDelete
  10. Jd penasaran sma azalea ini akutu..

    ReplyDelete
  11. lengkap sekali ibu postingannya mantips

    ReplyDelete
  12. Mantaaap ilmunya teeh.. Jazakallah

    ReplyDelete

Post a Comment

You may like this

Popular Posts