Search This Blog

Foundation, BB, CC, DD Cream, Mana yang lebih bagus?

Jujur aja, dulu saat masih kuliah saya adalah orang yang sama sekali tidak mengerti apa-apa tentang make up. Tapi seiring bertambahnya usia dan kebutuhan untuk bisa tetap tampil cantik dan menawan walaupun dengan 2 anak, seringkali menuntut saya untuk "mau tidak mau" mengerti tentang make-up, dan kali ini saya mau bahas tentang make-up base dulu nih, yang kebanyakan orang awam make-up seperti saya masih bingung mengenai perbedaan yang mendasar antara foundation, BB, CC, dan DD Cream. Sebenarnya saat ini ke-4 make-up base tadi sudah banyak sekali jenisnya, selain dalam bentuk cream, ada juga yang sudah dikemas dalam bentuk powder dan cushion.

Tapi kalian tau ga sih sebenarnya kenapa ada foundation, BB, CC, DD cream ini, untuk apa mereka dibuat, dan yang mana yang lebih cocok untuk kulit kalian. So, after doing a mini research of these 4 make-up base, here it is what I got for you, Guys.

Sejarah

Foundation sendiri sebenarnya sudah ada sejak jaman mesir kuno. wanita-wanita mesir pada jaman itu memakai campuran kapur dan pewarna menggunakan bahan-bahan alami dari tumbuhan. Pada masa Romawi kuno teknologi kosmetik semakin berkembang, walaupun terkadang masih menggunakan material berbahaya dan beracun bagi kulit, namun formulasinya semakin disempurnakan dengan menggunakan lemak hewani sehingga dapat meng-cover lebih merata pada area kulit yang kemudian digunakan hingga sekarang.

setelah berselang lama hanya mengenal foundation sebagai make-up base, kemudian pada sekitar tahun 1960-an seorang Dermatologist asal German bernama dr. Cristine Schrammek membuat BB Cream yang dikenal sebagai Blemish Balm. Awalnya dr. Cristine menciptakan BB Cream sebagai treatment untuk mengobati para pasiennya untuk mengurangi efek rash pada kulit setelah facial peel.

20 tahun kemudian, salah satu brand kosmetik asal korea selatan yang tidak diketahui namanya, mulai mengkomersilkannya dengan menambahkan berbagai mineral dan vitamin dan ditambah juga dengan AHA yang berfungsi mencerahkan warna kulit. Karena AHA berbahaya bagi kulit apabila terpapar sinar matahari secara langsung, maka perusahaan juga menambahkan SPF yang lebih banyak dibandingkan dengan foundation.

Kemudian pada tahun 2010 perusahaan kosmetik asal Singapura mulai mengeluarkan CC Cream yang merupakan kependekan dari Color Correcting atau Complexion Care. dengan lebih banyak mineral lagi yang terkandung dan dengan efek yang lebih permanen. artinya CC Cream tidak hanya meng-cover kulit wajah agar lebih flawless dan merata, tapi juga mengobati berbagai permasalahan kulit wajah dan membuat flawless yang lebih permanen.

Setelah CC cream sukses dicintai banyak wanita tidak hanya di Asia namun juga hingga ke Eropa dan Amerika, kemudian belakangan ini muncul-lah DD cream atau kepanjangannya adalah Daily defense atau Dynamic Duo. DD cream ini tidak memiliki catatan jelas awalnya dikeluarkan oleh perusahaan kosmetik apa dan darimana. yang pasti, awalnya DD cream ini dibuat tidak hanya untuk meng-cover area wajah saja, melainkan area badan, kaki, dan tangan juga. Sehingga tingkat Coverage-nya lebih tebal dari CC cream dan BB cream. Namun DD cream ini memiliki efek memperbaiki kulit wajah yang permanen layaknya CC cream.

Perbedaan

Foundation
Karna usianya yang lebih lama, foundation sudah memiliki dozen shades of tone. Mulai dari shades yang paling terang sampai shades yang paling gelap. Sehingga lebih mudah disesuaikan dengan warna kulit kita. Foundation pada umumnya tidak mengandung mineral dan vitamin, biasanya hanya dilengkapi dengan SPF. itupun biasanya hanya sedikit yaitu ada dikisaran SPF 8 - 15. Sehingga biasanya kita masih harus menggunakan face primer dan sunblock sebelum melapisinya dengan foundation. Face primer disini bisa juga dalam bentuk moisturizer yang dapat menutrisi kulit sebelum menggunakan foundation agar kulit wajah tidak mudah breakdown seperti berjerawat, komedo, ataupun iritasi karena foundation ini memiliki coverage yang tebal (full coverage) sehingga seringkali pori-pori wajah tertutup oleh lapisan foundation ini.

BB Cream
BB Cream atau kependekan dari Blemish Balm atau Beauty Balm ini memiliki tekstur yang lebih ringan daripada Foundation sehingga lebih nyaman digunakan sehari-hari. Namun, biasanya coverage yang dihasilkanpun tidak setebal foundation. berbeda dengan foundation yang sudah memiliki banyak sekali varian shades of tone, BB Cream justru biasanya hanya memiliki 3 - 4  shades saja. BB Cream ini diformulasikan dengan lebih banyak mineral. bahkan BB Cream yang beredar di Asia, biasanya mengandung AHA sebagai pencerah kulit sehingga membutuhkan SPF yang lebih besar untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Maka BB Cream ini selain dilengkapi dengan mineral, AHA, dan moisturizer, biasanya juga mengandung SPF yang lebih besar yaitu di kisaran 20-35 SPF.

CC Cream
CC Cream memiliki tekstur dan coverage yang paling ringan diantara semua make-up base. Sehingga seringkali hanya dapat dipakai untuk kegiatan sehari-hari saja. agar hasilnya maksimal, biasanya harus menggunakan concealer lagi. Namun memang CC cream ini memiliki mineral, vitamin, dan moisturizer yang lebih banyak. bahkan biasanya ditambahkan Anti-Aging, Oil Free, dan SPF yang lebih tinggi lagi dari BB Cream. maka dari itu, dengan kandungan mineral yang banyak, Efek dari CC Cream akan lebih permanen dibandingkan BB Cream dan Foundation. Dengan kandungan yang lengkap dan coverage yang ringan, seringkali CC Cream ini dijadikan sebagai Face primer.

DD Cream
DD Cream sebenarnya merupakan perpaduan dari CC Cream dan Foundation. Jadi DD cream memiliki mineral dan segala keunggulan CC cream namun, dengan tekstur dan coverage yang tebal layaknya Foundation. Seperti yang telah dijelaskan, bahwa DD cream ini dibuat tidak hanya untuk meng-cover area wajah saja, tetapi juga untuk area leher, tangan dan kaki.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat Recap dibawah ini


atau kalua kalian mau tau bagaimana perbedaannya ketika si foundie, BB, CC, dan DD cream  ini di apply di wajah, just check out my YT video.






Post a Comment

14 Comments

  1. Ilmu baru nih teh.. Aku juga sampai sekarang masih ga ngerti soal make up, ditambah lagi di kerjaan ga dituntut buat pake make up 😁 jadi kesimpulan nya DD Cream kayanya paling bagus ya dari segi coverage dan perlindungan buat kulit.. thanks for sharing teh..

    ReplyDelete
  2. Thankyou teteh sharingnya, sekarang jadi ga akan ketuker lagi apa itu CC dan BB hihi :)

    ReplyDelete
  3. wah aku emang suka bingung nih bedain foundation, BB, CC, sama DD cream. ternyata begitu toh hehe, makasih infonya teh :)

    ReplyDelete
  4. Aku sampe sekarang masih bertahan di dd cream.. Entah kenapa ini yang menurutku paling pas ga ga kering...terlalu cinta

    ReplyDelete
  5. Waah ternyata banyak juga ya, foundation aja belum khatam terus masih belum paham sama CC cream ada lagi DD cream, btw artikel jelas banget ini, padat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Waw teteh aku sampe sekarang bertaham di bb cream tp karena aku ga mau ribet jadi pake cushion di banding foundi lebih ringan di bb cream cc sama dd

    ReplyDelete
  7. Eh.. ume baru tahu ada DD cream dong?! Hahaha
    Makasih infonya

    ReplyDelete
  8. Aku paling seneng pake cc cream lebih membaur ke kulit akuuu

    ReplyDelete
  9. Aku belum pernah coba cc cream sama dd cream karena pusing kebanyakan alas bedak. Jadi pake bbcream terus deh :D

    ReplyDelete
  10. makasih ilmunya, aku cm pake cushion aja soalnya bingung antara bb,cc,dd gak ngerti mau pake yg mana skrg dpt pencerahan

    ReplyDelete