Ini Asyiknya Nge-blog | Reason why I started Blogging


Banyak yang tanya "hey Why blogging?", atau "Seru ga sih ngeblog?"
So, this time i'm gonna tell you the truth the reason why I started blogging. Dan ini merupakan kali ke-3 aku kembali berkolaborasi dengan Bandung Hijab Blogger dengan tema yaitu "Why I Started Blogging?" sambil memperingati hari Blogger Nasional yang jatuh tanggal 27 Oktober 2018 ini. Yeayy!!



Mungkin bagi sebagian yang awam, banyak yang menganggap bahwa Blog cuma untuk sekedar seru-seruan ceritain masalah pribadi. Selain itu, Setelah berkembangnya dunia Vlogging, Blog dianggap kebanyakan orang meredup. terutama semenjak system SEO google yang mulai kacau karena banyaknya Google adwords dan karena kebanyakan orang yang sekarang mulai prefer mencari informasi melalui YouTube daripada Google. 

Tapi that's not always true lho, Dunia per-blogging-an tetap aja ramai peminat. Banyak juga juga lho, blogger-blogger yang sukses, dapat endorse-an, postingannya dibayar mahal, dan berbagai keuntungan lainnya. Selain itu juga, bagi kebanyakan blogger, menulis merupakan suatu hal yang mengasyikkan dan bisa menjadi Stess reliever. Bahkan ada beberapa sumber mengatakan bahwa Faktanya menulis itu memiliki banyak manfaat yaitu:

1. Melatih Kinerja Otak

Ketika kita menulis, baik dengan sadar maupun tidak sadar kita sedang membebaskan otak kita untuk aktif bekerja. Otak akan terpacu untuk memunculkan berbagai ide dan gagasan yang kita tuangkan ke dalam tulisan. Selain itu, seringkali dalam menulis kita akan berusaha membuat tuliasan kita agar menarik dan mudah dipahami oleh pembaca, sehingga tanpa disadari, kita mengajak otak kita untuk berfikir secara seksama dan sistematis. Tak sampai disitu, ternyata menulis juga dapat mengurangi kepikunan karena dengan terbiasa menulis maka kita akan membiasakan otak kita untuk aktif menyusun kata dan kalimat untuk mencurahkan gagasan dan perasaan kita.

2. Menyehatkan Mental

Sering sekali kita bingung harus bercerita pada siapa ketika kita ingin berbagi tentang suatu hal. Namun dengan menulis kita akan memiliki suatu wadah yang dapat dengan bebas kita pakai untuk berbagi mengenai hal apapun dan mencurahkan isi hati dan pikiran kita. Dengan mencurahkan isi hati, tentunya dapat mengurangi beban pikiran yang menggantung, dapat menenangkan pikiran dan menstabilkan emosi. Maka seringkali menulis dapat dijadikan sebagai self healing dari stress dan penat yang terpendam. 

3. Meningkatkan Imunitas

Sama halnya dengan kesehatan mental, kesehatan tubuh juga sedikit banyak dipengaruhi oleh tingkat stress dan kesehatan emosional. Karena dilansir dari Elizabeth Street, mereka yang tidak mampu bertahan pada situasi tertekan dan menyakitkan dan tidak dapat kesempatan untuk melampiaskannya dengan tepat, maka hal tersebut akan melemahkan imunitasnya sendiri. 

4. Penghasilan Tambahan

Menulis ternyata bias jadi sumber penghasilan tambahan lhoo, bahkan tidak sedikit yang jadi terkenal melalui tulisannya, seperti Blogger, Novelis, Penyair, script writer, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk Blogger sendiri, banyak banget sumber penghasilan tambahan yang bisa diperoleh seperti, sebagai buzzer, reviewer, dan content creator pada situs-situs berita dan forum. 

How Was The Beginning?

Awalnya, satu tahun yang lalu tepatnya, aku justru lebih tertarik ke dunia vlogging karena iming-imin penghasilan yang "katanya" menjanjikan dari YouTube. Tapi ternyata setelah dijalani agak sulit dan lebih rumit. karena membutuhkan proses yang cukup memakan waktu dan sangat tidak mudah untuk menghasilkan satu video. 

Jadi, untuk bikin 1 video aja, pertama kita harus memikirkan konten dan konsep video yang akan kita buat, karena aku tipe orang yang agak perfeksionis, aku ga mau videonya terlalu asal-asalan, kaya suaranya kecil, cahayanya gelap, bicaranya gagap. yah pokoknya gitu deh. jadi everything have to be perfect, walaupun saat itu masih seadanya juga. Nah setelah mengkonsep lanjut ke Taping, yang lumayan memakan waktu dan membutuhkan effort, dan membuat video-pun bagiku ga bisa asal-asalan. Kalau mau professional, kita juga harus kerja maksimal. jadi video yang disajikan juga harus enak dipandang, cerah, dengan pengemasan yang baik supaya yang nonton ga cepet bosen. Setelah proses Taping, ada satu lagi proses yang bahkan lebih njelimet yaitu editing yang bikin pengen nangis dan jedukin kepala ketembok, karena harus menggabungkan banyak footage dan dibuat sedemikian rupa sehingga penonton jadi lebih enak nontonnya. dan barulah jadi 1 video. Bayangin beratnya perjuangan itu, belum lagi kalo kalian punya anak. sedikit-sedikit kerjaan bisa ke-jeda. udah mau nangis ga tuh, Eh udah susah-susah bikinnya, dikomenin julid sama netizen. (Akutu gabisa diginiin).

Karena beratnya proses itu dan daripada aku-nya jadi ga konsisten dan produktif dikarenakan proses yang ribet plus repotnya ngurus anak, akhirnya aku putuskan untuk nge-blog, karena basically aku sebenarnya lebih suka nulis daripada ngomong dan sebenarnya aku adalah orang yang sedikit introvert. Jadi menulis bikin aku lebih merasa nyaman dan benar-benar bisa jadi pengalihan kejenuhan dan kepenatan aku ketika aku stress ngurus anak-anak.

Menulis bagi aku bisa bikin berasa kaya lagi jalan-jalan dipikiran sendiri. So After I found this Blogging things, I just feel deeply in love with it, ditambah lagi aku menemukan satu komunitas yang bener-bener bisa membukakan wawasan aku tentang dunia blogging dan dunia digital yaitu Bandung Hijab Blogger (BHB) ini. Jujur, BHB berjasa dan membantu banget aku pribadi dalam menemukan passion aku didunia blogging ini. Belum lagi banyaknya anggota member BHB ini yang super duper keren-keren yang bisa aku jadikan bahan benchmark dan upgrade wawasan dan ilmu pengetahuan dalam segala bidang. 

Why I Started Blogging?


Jadi sebenarnya aku mulai ngeblog tepatnya adalah sekitar akhir bulan Agustus 2018 lalu. Walaupun aku udah bikin blognya sekitar setahun lalu. tapi masih aku kosongin karena bingung mau diisi apa. Awalnya aku membuat blog adalah dengan maksud dan tujuan untuk sharing tentang semua hal yang sekiranya bermanfaat dan bisa aku bagikan dan menjadi pembelajaran untuk banyak orang. yaah seperti Diary aja, bedanya ini di-share ke public, jadi harus sedikit pencitraan, (eh?).  Artinya segala sesuatu yang aku share harus ada manfaatnya buat pembaca dan pastinya harus bisa menjadi inspirasi dan referensi yang baik (ngomong apa sih, kaya yang bener aja) 

1. Sharing

Pengalaman Menikah diusia 18 tahun, punya anak diusia muda, disaat teman-teman masih pada sibuk hedon, kongkow, dan traveling, serta banyaknya pasang surut cerita kehidupan membuat aku pengen banget membagikan cerita-cerita yang bisa dipetik hikmahnya untuk banyak orang (walaupun belum sempat aku tulis semua, karena banyaknya daftar antrian yang harus dikerjain). Jadi sharing cerita pribadi sebenarnya menjadi motivasi awal aku untuk membuat blog. Namun ternyata seiring waktu berjalan, justru lebih banyak lagi yang ingin aku bagikan daripada hanya sekedar cerita pribadiku (dasar ga konsisten!). Okay pokoknya kita jadiin PR dulu deh yah semua misi itu.

2. Stress Reliever

Selain berbagi, alasan lainnya aku memulai blogging adalah karena aku butuh pengalihan dan pelampiasan untuk mengatasi kejenuhan. Sebagai ibu rumah tangga dengan segudang aktivitas dirumah dan mengurus anak, seringkali aku merasa jenuh dan penat dengan rutinitas yang itu-itu aja, maka dari itu aku membutuhkan suatu wadah dan sarana untuk melampiaskan kejenuhanku. salah satunya ya dengan blogging ini. 

3. Berkarir Dirumah

Sebenarnya ini adalah tujuan jangka Panjang, artinya aku nggak terlalu berambisi kearah tersebut. Tapi akupun nggak menutup setiap kesempatan yang datang pastinya. Keputusanku untuk memprioritaskan mengurus anak dirumah, membuatku tidak dapat berkarir didunia perkantoran. Sedangkan diusia produktif seperti sekarang tentunya aku juga ingin memiliki suatu karir sebagai wadah untuk mengaktualisasi diri agar bisa lebih mengoptimalkan bakat dan kemampuan yang tentunya juga dapat membuka peluang mendapatkan penghasilan tambahan pastinya. 

So, that's the all reason why I started blogging, guys. Semoga blog ini bisa membantu dan menjadi inspirasi semua teman-teman pembaca yah. Nah, sekarang ada juga nih teman aku yaitu the Nesa Larasati yang udah lebih jago ngeblognya mau sharing juga, baca juga yuk alasan dia memulai ngeblog langsung aja klik disini.

Dan terakhir, buat teman-teman yang ingin membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah Gempa dan Tsunami di Kota Palu dan Donggala, BHB juga bekerja sama dengan ACT untuk membantu menyalurkan bantuan dari teman-teman semua kepada saudara-saudara kita di Palu dan Donggala.




Yuk, menyisihkan sedikit rezeki kita, karena mungkin dari sedikit yang kita beri, dapat bermakna besar bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. 

Regards





Comments

  1. Eahahahaha rata2 introvert lebih milih blog drpd vlog ye. Trus netijen penikmat youtube emang lebih sadis2. Tp aku setuju tuh manfaat2 nulis kw kinerja otak. Kerasa banget bedanya sama awal2 sebelum nulis, suka agak agak lemot gimana gitu. Wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, setelah suka nulis jadi berkurang sedikit aku juga lemotnya.. hahaha

      Delete
  2. iyaaa nih. aku juga punya tujuan jangka panjang untuk bisa bekerja dirumah. Jadi semua pekerjaan rumah tangga, mengurus rumah dan anak nantinya bisa sama aku sendiri, tapi aku masih bisa menghasilkan sesuatu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, cita-cita baru jaman now jadi mahmud produktif yah

      Delete
  3. Iiii bagus banget tulisannya.... Suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyaa Allah, makasih teteh. masa sih? jadi malu, Tulisan teteh juga bagus

      Delete
  4. Ternyata iming2 itu memang bikin semangat ya. Ihihihi

    Keep blogging teh semangat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerr, semakin semangat setelah ada iming-imingnya

      Delete
  5. Menulis bagi aku bisa bikin berasa kaya lagi jalan-jalan dipikiran sendiri ... SETUJU HEEHEHE

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiihihi. Seneng deh ada yang setuju sama aku

      Delete
  6. aku setuju sama semuanya, memang blog ini saran untuk "ngosoing otak" dan habis itu legaaaa. hahahha. btw teteh baru nge-blog tapi kualitas tulisannya bagus banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaa ampuun, Masyaa Allah, makasiihh, tapi masa sih? kayanya nisa lebih kece deh dari aku nulisnya, ehiya panggilannya sebenernya, nisa, Ica. atau Nuha? maapin aku lupa

      Delete
  7. hihi iyaa bener teh awalnya juga pengen ngevlog eh ternyata ngomong aja belibet wkwk jadi mending nulis hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, kayanya klo ngeliat vlogger2 kaya gampang, tapi ternyata susah yah. makanya jujur jadi pelajaran banget buat aku, sejelek apapun video orang di yutub aku gamau kasih unlike apalagi komen negatif

      Delete
  8. Aku setuju banget kalau ngeblog bisa naikin imun, soalnya memang pas ngeblog itu bikin happy. Happy mind and soul and also happy tummy juga, karena kalau lagi ngeblog juga butuh cemilan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneerr klo tambah cemilan jadi makin fokus nulisnya.

      Delete
  9. Nah, berkarir di rumah dengan ngeblog salah satu tujuan aku juga nih teh.. semoga peluang-peluang untuk blogger semakin luas yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, aku sih berharap blogger juga bias se-naik daun dan se-terkenal vlogger-vlogger, wah jadi misi kita semua tuh. biar blogger juga bisa jadi profesi yang menjanjikan

      Delete
  10. aku juga tahun 2016 mulai ngeyutub teh hehe, tapi udah setahun ini ga diisi lagi. emang tantangannya begitu beraat hehe :") Kudu semangat ngeblog plus ngevlog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa teh, ngevlog ternyata lebih melelahkan daripada ngeblog. walaupun kita kaya dituntut oleh perkembangan jaman dan teknologi gitu untuk berkembang ke arah vlog gitu. tapi blogging bagi aku tetep paling nyaman buat tempat sharing.

      Delete
  11. blogging emang jadi salah satu cara aku buat melepaskan stress teh, setuju

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuhuuu kerasa banget buat aku ngilangin stressnya

      Delete
  12. Aku nggak percaya teh Ayu baru mulai ngeblog sept 2018. Abisnya tulisannya bagus, selalu informatif. Nggak keliatan masih newbie ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh bisa aja teh Nesa. aku malah yang kagum sama teh nesa. akutu sering banget ke blog teh Nesa. aku suka bacain tulisan-tulisan teh Nesa. suka banget aku tentang cerita-cerita dunia per-ahensi-an. trus tulisan teh nesa yang ringan plus diselipin lawak tuh bikin ga bosen bacanya.

      Delete
  13. Ngblog emg salah satu pilihan berkarir dirumah apalagi buat wanita yg kadang hrs jd irt buat memaksimalkan peran utamanya tp pengen ttp produktif :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, dan tanpa beban modal lagi. Jadi bisa produktif + menghasilkan + tanpa modal. wah idaman banget ga tuh

      Delete
  14. Aku teh salah satu yang mikir kalau blog itu "apasih" dan kayak meredup gitu. Padahal engga yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi emang iya sih teh, soalnya di google juga blog-blog tuh banyak ketutup sama iklan marketplace, atau portal berita gitu. jadi jarang banget nemuin yng bener-bener tulisan blogger di google. walaupun ada sih. tapi pasti yang udah super jagoan mainin analytics sama SEO nya

      Delete
  15. Menyehatkan mental! Ini memang yg sering orang gak "ngeh" tentang manfaatnya menulis. Orang yang sering menulis mentalnya beberapa kali lebih sehat dibanding yang tidak menulis. Keep bloging, keep inspiring teh πŸ˜ŠπŸ’•

    ReplyDelete
  16. nulis dan blogging memang bisa dijadiin media untuk Stess reliever yang tepat kok, tetap semangat teeh dan sukses terus ya bloggingnya :")

    ReplyDelete
  17. kadang blogger tuh kalo ketemu langusng kaya yg pendiem, tp kalo di tulisan bisa ngalir, panjang dan lugas yak :-)

    ReplyDelete
  18. setujuh teh dengan manfaat blogging adalah menjaga kinerja otak dan merelease rasa..selalu semangat teteh

    ReplyDelete
  19. aku jadi tau sejarah teteh ngeblog nih.. tetap inspiring ya teh

    ReplyDelete
  20. Aku tuh awalnya ngeblog karena migrasi dari diary ke blog, tapi gak bisa dipungkiri sih. Selain memang ngeblog ini self healing, ternyata bisa juga menghasilkan pundi-pundi rupiah. Walaupun saat ini belum seberapa, tapi lumayan lah buatku mah. Siapa juga yang gak mau, sambil menyalurkan hobi, eeh dapet rupiah. Aku sih nyosoooor hahahaha. Selamat hari blogger nasional ya teh.

    ReplyDelete
  21. Sepakat sama nomor 2, buat mental....

    ReplyDelete
  22. Aku juga tadinya pengen sok2an ngevlog, tapi ngedit video itu ga semudah yang dibayangkan. Ahahaha. Mantap teehh tulisannya, aku jadi semakin terpacu buat nulis di blog nihh

    ReplyDelete
  23. Aku terkesima sama blog dan tulisannya ya kece. 😍 Baru memulai tapi keren banget semangatnya. Alasannya ngeblognya sama persis sama aku. Hehehe

    ReplyDelete
  24. Bagus bgt tulisannya!!! Awalnya jg aku bukan seseorg yg terbiasa menulis. Tapi makin kesini, aku jd lebih milih jd introvert hahaa semangat trs tetehku!

    ReplyDelete
  25. Aku ngerasain banget teh gmn susahnya editing video di AI sambil ngemong anak, sumpah bikin bad mood. Tetap semangat teh buat tetap berkarya. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  26. Wah wah aku baru tau menulis meningkatkan imunitas

    ReplyDelete
  27. Panutanquuuuu sekali teteh, aku jugaaa memutuskan ingin berkarier, berkarya dari rumah teh. Enak banget kalo baca blog teteh😚

    ReplyDelete

Post a Comment

You may like this

Popular Posts