Search This Blog

Tips Menjadi Blogger Professional, hasilkan 3-5 juta/bulan dari rumah


Mungkin Teman-teman udah sering yah dengar profesi Blogger. Bahkan sejak 15 tahun lalu, profesi blogger sudah terkenal dan digandrungi orang-orang. Apalagi sejak jamannya Raditya Dika populer nge-blog. Tapi untuk yang belum tau pasti sering berfikir apa blogger masih bisa menghasilkan uang? Atau hanya sekedar menyalurkan hobby menulis aja. 

Darimana biasanya blogger memperoleh penghasilan. Nah buat para freelancer terutama full time mom yang tidak bekerja diperusahaan tapi ingin uang tabungan menggemuk dan bisa belanja tanpa nunggu uang jatah bulanan suami, yuk sini mari merapat. 

Karna aku akan ceritakan gimana sihh caranya cari uang sebagai blogger. Tapi sebelumnya yang aku ceritakan ini real pengalaman aku yah. Bukan pengalaman atau pencapaian orang lain. Dan angka diatas adalah adalah hitungan kasar atau kisarannya saja, bisa lebih atau kurang. Namanya juga Freelancer yaa kaan. 

Tapi sebenarnya ada juga blogger yang "katanya" bisa menghasilkan ratusan juta per-bulan. Hmmmm... tapi itu kan pengalaman orang!! Dan mungkin itu dulu sebelum negara api menyerang yaah. So, daripada mengkhayal cerita orang, mending kita bahas yang realitis dan berdasarkan pengalaman aku aja yah.

Tak Lagi bisa mengandalkan adsense

Blog sendiri sejak dulu dikenal karna adsense-nya. Banyak yang ingin menjadi blogger karna tergiur iming-iming adsense yang katanya bisa mencapai ratusan juta per-bulan. Bener ga sih? Sebenarnya ga salah sih. 

Tapi mungkin itu jaman ketika youtube belum berkembang seperti sekarang. Dimana pusat informasi masih hanya melalui blog. Bahkan portal berita online belum se-banyak sekarang dan page one google masih belum didominasi oleh adwords. Pokoknya sebelum negara api menyerang deh. dan semuanya masih aman damai sentosa. 

So, sekarang aku mau sedikit realistis nih buat temen-temen semua. Aku sendiri sebenarnya belum mengadsense kan blog aku ini. Karna aku lebih fokuskan ke youtube yang perkembangannya lebih cepat dan pesat. Tapi dari beberapa pengalaman teman-temanku yang sudah jauh lebih lama berkecimpung didunia blogging, kebanyakan dari mereka bilang bahwa adsense blog sekarang hasil nggak seberapa dan nggak bisa dijadikan pegangan. 

Lalu darimana penghasilan Blogger?

Sebenarnya banyak Blogger Profesional yang bahkan bisa meraup puluhan juta dari Lomba blog. Buat kalian yang suka tantangan, lomba blog ini pasti menarik banget. Karna biasanya hadiahnya cukup menggiurkan. Ada hadiah laptop, gadget, hingga uang tunai jutaan rupiah. Lomba blog sendiri cukup sering diadakan oleh berbagai perusahaan dan brand. Untuk cara mengetahuinya kalian bisa follow Hashtag #lombablog di instagram. Pasti selalu saja ada info tentang lomba blog.

Tapi untuk memenangkan lomba blog nggak semudah kedengarannya loh. Aku sendiri baru 2 kali memenangkan lomba. Tapi lebih karna nggak rajin juga ikutan lomba. Karna ikut lomba butuh ketekunan, dan fokus yang tinggi untuk menghasilkan tulisan yang benar-benar brilliant dan disukai oleh juri. Selain itu, kita juga harus berani bersaing dengan blogger yang sudah sangat professional dengan tampilan dan fitur blog yang aduhai cantik luar biasa, sampai-sampai ada animasi di blog nya. Waduuuhh aku mundur alon-alon kalo gitu mah.

Nah jadi untuk saat ini mostly penghasilan blog aku adalah dari kerjasama brand. Bahkan saat ini sudah ada kontrak dengan beberapa brand yang ku pegang. Jadi untuk yang masih pemula atau baru memulai aku mau kasih gambaran seperti apa sih kerjasama kami dengan brands

Jadi, Brand itu biasanya butuh ada yang mencoba dan mereview produknya nah disitulah peran para blogger untuk memberikan review, baik tentang produk, ataupun liputan suatu events. Selain review, blogger pun memberikan exposure dan backlinks ke website official para brands. Nah itulah mengapa pentingnya para blogger untuk membangun audiens seperti pageviews, DA dan PA pada blog. 

Untuk itu berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para blogger supaya lolos dan terpilih oleh brands


1. Perbanyak Portofolio Tulisan


Setelah membuat blog di Blogger ataupun Wordpress hal berikutnya yang mesti kalian lakukan adalah sering-sering membuat tulisan. Bisa berupa sharing pengalaman, ataupun review produk yang pernah dipakai. Tak perlu khawatir 

"ah produk ini kan udah banyak yang review, jadi ga perlu lah" 

Justru siapa yang tau mungkin reviewmu yang paling informatif dan lebih banyak membantu orang mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Selain itu semua tulisan kita diblog juga dapat dijadikan sebagai portofolio untuk Brand ataupun perusahaan yang membutuhkan jasa content writing.

2. Tingkatkan Audiens & Pageviews, DA dan PA


Nah ini Penting banget untuk dikembangkan secara "Sersan" (serius tapi santai). Kenapa santai? Karna kalau nggak santai nanti bingung sendiri, grusak-grusuk, buru-buru, ga sabar, ujung-ujungnya malah jadi putus asa. 

Kuncinya adalah selalu konsisten membuat artikel. Bahas aja apapun yang ingin kalian bahas. Jangan terbebani "nanti ada yang baca nggak yah??" Karna kalau terbebani pertanyaan seperti itu nanti malah akhirnya nggak jadi nulis-nulis. 

Jadi penting banget untuk membuat Deadline pribadi agar bisa rutin produce artikel mungkin seminggu sekali ataupun 2 kali seminggu. Nah kalau sekarang sih brands lebih sering menjadikan minimal Pageviews/bulan untuk syarat kerjasama. Kalau dulu lebih sering nilai DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) sebagai syarat. 

DA adalah nilai seberapa besar sebuah website kamu dipercaya berdasarkan rujukan yang berasal dari mesin pencari. Kalau PA sendiri adalah tingkat kepercayaan Google atau mesin pencari terhadap halaman artikel. Gimana caranya menaikkan DA dan PA. Nah, sebenarnya sudah banyak sekali yang sharing di google, kalian bisa googling dan praktekkan. karna akupun masih berusaha keras juga sampai sekarang. hehehe

3. Tingkatkan Kualitas Tulisan

Kalau sudah rajin, jangan sampai kualitas tulisannya gitu-gitu aja. Pendek, alurnya tidak sistematis, bahasanya acak-acakan, tidak memperhatikan kaidah penulisan. Pokoknya nggak enak deh dibacanya.

Kalian wajib juga nih untuk terus belajar caranya menulis dengan dengan baik dan menarik. Gimana caranya belajar? Sering-sering deh blogwalking atau berkunjung ke blog teman-teman blogger yang sudah professional. Pelajari template penulisan mereka, tata bahasa yang mereka pakai, dan bagaimana mereka membuat tulisan mereka menarik untuk dibaca. 

Atau meningkatkan kualitas tulisan juga bisa dengan ikutan Webinar atau kulwap tentang blogging. Selain itu bisa juga dengan sering-sering ikut lomba blog. Karna dengan ikutan lomba blog kita akan berusaha untuk mengerahkan segala kemampuan menulis kita untuk membuat artikel yang terbaik kaan. Dan pastinya kita juga akan sering kepo-kepoin pesaing yang biasanya udah blogger kawakan dan professional. Aku pribadi sering banget kepoin ke-blognya para pemenang lomba blog, sedikit menganalisa faktor apa yang membuat tulisan mereka disukai juri.

Sepanjang pengamatanku pribadi, tulisan yang seringkali menang lomba adalah tulisan yang panjang bahkan bisa sampai 2000 kata, alurnya menarik sehingga ketika dibaca tidak membosankan. yang pasti penggunaan kata dan kalimatnya juga rapi, dan tidak bertele-tele. 

dan satu lagi, sering baca buku juga bisa jadi kunci meningkatkan kualitas tulisan kita. karna buku biasanya sebelum dipublikasikan pasti sudah disunting dan mulai dari pemilihan kata, tanda baca, penggunaan kalimat, semua sudah diperbaiki oleh editor sebelum akhirnya lolos dan diterbitkan. jadi dengan membaca buku, kita jadi terbiasa dan mngetahui bahasa penulisan yang baik dan benar. 

4. Percantik Tampilan atau Tema Blog


Aku ada sedikit rahasia nih. Jadi blogku ini sebelumnya hanya pakai tema bawaan dari blogger. Hanya saja memang aku desain dan kustomisasi secantik dan serapi mungkin sehingga hampir seperti tampilan professional. Tapi PV (Pageviews) ku paling banyak di 4000 PV/bulan. 

Nah suatu ketika, iseng-iseng aku ganti tema blogku dengan tema yang saat ini aku pakai. Yang lebih cantik, profesional, dan responsif. Tiba-tiba PV ku naik drastis ke 18.000 PV/bulan. Nah semenjak saat itu aku sering lolos kerjasama bareng brand

Sekarang Alhamdulillah PVku sudah diatas 25.000/bulan dengan total PV 300.000++ (saat tulisan ini terbit). Naahh itudia rahasia kecilku. Jadi coba kalau PV kalian stuck, ganti tema blog kalian dengan yang lebih responsif dan menarik. 

5. Networking & Komunitas

Soal Komunitas ini peeenntiingg banget!!. Bahkan ketika kamu newbie juga harus langsung gabung komunitas. Ibaratnya biar kamu nyemplung dikolamnya dan berada di habitatnya (emang binatang!). Eh tapi bener loh. Karna dikomunitas, aku dapet banyak insight dari temen sesama blogger, bahkan akhirnya dapet kerjaan juga. 

Jadi walaupun kalian belum punya DA, PA dan PV yang tinggi, kalian juga bisa dapet endorse-an yang lumayan bisa kalian jadiin portofolio artikel juga kan. Salah satu caranya adalah dengan gabung komunitas. 

Komunitas blogger sendiri banyak banget. Yang saat ini paling aktif adalah di Bandung Hijab Blogger. Sebenarnya ada beberapa komunitas lainnya yang aku ikuti. Tapi menurutku yang pengelolaannya paling rapi dan konsisten itu yah BHB.  

6. Maksimalkan Sosial Media


Jangan sepelekan sosial media nih teman-teman. Sosial media adalah salah satu jurus ninjaku mengembangkan karir blogger ini jadi lebih cepat. Karna sebenarnya kalau mau semua berkembang. Semuanya harus digarap. Terutama sosial media. Karna di sosial media ini personal branding lebih cepat. 

Memang beberapa blogger ada yang memilih sosial media hanya sebagai pelengkap saja. Dan berharap dari pembaca blog lalu terkonversi menjadi follower di instagram. Nyatanya nggak seindah itu guys. Pengunjung blog yah pengunjung blog belum tentu mereka main ke instagram setelah baca salah satu artikel kita. Yah ada sih. Tapi paling 1-5 % aja. Dan butuh waktu lama dan bertahun-tahun

Maka dari itu, aku memilih untuk membuat konten terpisah juga dari blog di instagram. Dan menaikkan personal branding juga di instagram sebagai blogger. Memang lebih capek. Tapi dalam waktu kurang dari setahun kita akan sudah mulai memanen hasilnya. Next aku bakalan bahas tips-tips menaikkan follower Instagram yah. 

7. Upgrade Blog dengan Top Level Domain

TLD atau Top Level Domain ini kudu wajib sih kalau kalian sudah mendeklarasikan diri sebagai blogger. Aku sendiri awalnya maunya domain gratisan aja dulu deh. Tapi setelah teh desty, salah satu teman bloggerku yang ketemu disalah satu event blogger, saat itu4 bilang kalau men-TLD-kan atau bikin blog kita jadi domain nama kita pribadi dengan .com itu bisa meningkatkan kepercayaan pembaca dan disukai brand. 

Brand pasti akan lebih memilih blog yang sudah di TLD kan. Karna lebih meyakinkan. Biaya TLD juga nggak mahal loh. Aku sendiri cuma 100.000 aja loh setahun pertama. Tahun berikutnya juga cuma 160.000 aja murah kaan. Dan yang penting sudah SSL. Jadi aman dan link kita nggak mudah di hack dan dianggap spam. 

Pakai Jasa Penyedia Domain apa?

Jadi penyedia Domain atau perusahaan hosting di Indonesia ada banyak banget. dan dari sekian banyak aku pakai dari Exabytes. kenapa? karna murah teman-teman. yang alasan apalagi yang bisa ngalahin murah, aman, pelayanan juga bagus. aku pakai TLD .com yang setahunnya mulai dari hanya 119.000 aja loh. murah banget kan. Aku udah survey ke Penyedia Hosting dan Domain lainnya dan ini yang termurah sih dibandingkan yang lain. Jadi buat kalian yang mau coba-coba peruntungan di dunia Blogging ga perlu merogoh kocek dalam-dalam, yaa kaan. 

kalau kalian mau tau lebih banyak bisa kunjungi websitenya Exabytes. Kalau aku pribadi, karna pakai blogger aku sudah nggak memikirkan penggunaan hosting lagi, tapi kalau kalian butuh layanan penyeda hosting atau Wordpress hosting, Exabytes sendiri juga menyediakan layanan Hosting mulai dari 15.000/bulan aja.




Nggak cuma itu, Exabytes juga menyediakan berbagai layanan digital seperti dari Pembuatan Website Online Shop, hosting, Wordpress hosting dan banyak lagi. 


Oiya dan kalian juga bisa dapatkan diskon 50.000 untuk pembelian pertama. Wah juara banget ga tuh murahnya. Udah murah, pelayanannya oke, dan sejauh ini aku nggak pernah ada masalah sama sekali. Jadi buat yang baru mau belajar jadi blogger professional langsung aja kepoin ke Website Exabytes langsung. 

Nah Itu dia Beberapa tips aku untuk menjadi blogger professional. Semoga sharingku ini bermanfaat. dan kalian bisa tambahin juga yah masukan di kolom komentar kalau ada yang kurang. 

Regards







 

Post a Comment

0 Comments