Search This Blog

Cara Ampuh Redakan Kolik pada Bayi

Hai moms, tau kaan kalau kolik itu merupakan problematika yang paling sering terjadi pada bayi terutama bayi baru lahir. Kolik ini seringkali bikin bayi begadang dan nggak bisa tidur nyenyak dimalam hari. 


Bahkan ketika bangun juga biasanya bayi yang kolik akan cenderung rewel dan menangis tanpa henti. Kalau udah begini biasanya mommies pada stress nih. 

Nah sepengalamanku, bisa mengatasi kolik pada bayi adalah ilmu yang paling penting untuk mommies supaya nggak bingung kalau anak rewel. Walaupun sebenarnya selain kolik ada kemungkinan juga bayi yang rewel itu disebabkan oleh salah urat atau aku bilangnya "kecengklak". 

Lalu apa yang membedakan bayi rewel karna kolik atau karna kecengklak. Okey aku akan jelaskan berdasarkan pengalamanku mengurus 3 anak-anakku yah. Bukan berdasarkan medis karna aku bukan dokter. 

Jadi caranya membedakan anak kalian rewel karna kecengklak atau kolik biasanya kalau bayi rewel karna ada salah urat biasanya anak masih bisa tertidur tapi dalam gendongan. Tapi kalau ditaruh dikasur dia pasti bangun. Nah biasanya orang dulu bilang "bau tangan". Sepengalamanku, kalau anak udah bau tangan atau tidurnya hanya bisa saat digendong, berarti ada bagian di badan bayi yang pegel-pegel bahkan kecengklak. 

Untuk solusinya bisa bawa ke tukang urut bayi atau kalau aku sendiri semenjak anak kedua, aku belajar pijat bayi sendiri. Jadi selalu pijat-pijat sendiri kalau misalkan tidurnya sudah mulai nggak nyenyak. 

Sedangkan. kolik itu cenderung akan nangis terus-menerus, perutnya kembung kalau kita tepuk-tepuk ringan, dan ketika diletakkan bayi akan mengangkat kakinya ke arah perut atau meringkuk seperti sakit perut. Bayi kolik bahkan seringkali disusui pun nggak mau atau menangis. Dan kalau sampai sudah sakit sekali perutnya, digendongpun kadang juga tetap menangis. 

Nah, ininih yang seringkali bikin panik. Nah untuk itu aku mau share cara mengatasinya. 
  1. Untuk mencegah kolik, selalu sendawakan bayi ketika selesai menyusu. 
  2. Pastikan bayi tidak kedinginan dan selalu hangat. 
  3. Bayi yang minum susu formula akan cenderung lebih sering mengalami kolik, jadi pastikan cari susu formula yang cocok dan sesuai dengan pencernaan bayi. 
  4. Saat sedang kolik, coba letakkan bayi pada kasur lalu gerakkan kaki bayi seperti mengayuh sepeda selama 15-20 menit.
  5. Selain gerakan kayuh sepeda, moms juga bisa selingi dengan pegang kedua kaki bayi lalu angkat, tekuk dan tekan kearah perut 3-5 kali.
  6. Selanjutnya pijat dada bayi dengan tekanan jari moms yang lembut dari arah tengah atas ke tengah bawah sebanyak 3-5 kali. 
  7. Lalu dari area tengah jantung, pijat kearah luar dada sebanyak 3-5 kali.
  8. Jika sudah pijat perut bayi memutar searah jarum jam 5-10 kali. 
  9. Lalu terakhir tengkurapkan bayi atau gendong, lalu pijit punggung bayi dengan mengusap searah dari atas ke bawah sebanyak 5-10 kali. 


Rekomendasi Minyak Pereda Kolik

Nah selain pijat untuk kolik itu, untuk memijat juga sebaiknya gunakan minyak yang ampuh untuk meredakan masuk angin pada bayi. Kalau biasanya dulu aku mesti banget repot-repot pakai parutan bawang merah. Nah sekarang udah nggak perlu repot lagi karna ada baby Calming Tummy Oil dari Mama's Choice 

Tentang Baby Calming Tummy Oil


Baby Calming Tummy Oil ini merupakan rangkaian Baby Series yang baru-baru ini dikeluarkan oleh Mama's Choice. Baby Calming Tummy Oil ini diformulasi untuk 
  • meredakan Kolik pada bayi. 
  • Membuat bayi tidur lebih tenang
  • Meredakan gangguan pencernaan dan perut kembung
  • Aman untuk Kulit bayi yang sensitif.
  • 100% Natural, Hypoallergenic Tested, Dermatological tested dan Halal
  • Tanpa Parfume, tanpa Paraben, tanpa Mineral Oil. 

Ingredients


Baby Calming Tummy Oil ini diformulasi dengan bahan-bahan yang 100% natural dan aman #seamanpelukanmama. Key ingredients nya yang pertama ada Nutmeg Oil yang berfungsi untuk meredakan gangguan pencernaan dan kram perut pada bayi.

Yang kedua adalah Lavender Oil yang aromanya dapat membentu menenangkan bayi yang menangis, kemudian ada chamomile Oil yang dapat merileksasi dan membuat bayi dapat tertidur tenang. 

Cocos Nucifera (Coconut Oil), Olea Europaea fruit (Olive Oil), Pimpinella Anisum Seed (Anise) Oil, Cymbopogon Nardus (Citronella) Oil. Myristica Fragrans Fruit (Nutmeg) Oil, Tocopheryl Acetate, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Anthemis Nobilis Flower (Chamomile) Extract.

Packaging


Packagingnya berwarna kuning yang lembut dengan ilustrasi yang lucu dan unik sangat sesuai dengan nilai produk untuk baby. Bentuknya pump berukuran 55ml yang cukup travel friendly. Pada dusnya juga terdapat ilustrasi gambar cara memijat bayi yang kolik. Jujur gambar cara pijatnya sangat membantu untuk mommies yang belum mengerti cara pijatan untuk meredakan kolik. 

Tekstur dan Aroma


Teksturnya minyak yang cukup encer dan tidak terlalu pekat jadi tidak lengket digunakan dikulit. Terasa lembab di kulit ketika di apply dan tetap licin sehingga cukup memudahkan untuk memijat badan. Walaupun teksturnya berbentuk minyak tapi tidak terasa greasy dikulit. Bahkan membuat kulit terasa lembab. menurutku bagus banget ketika di apply pada kulit bayi yang masih sensitif. jadi bisa membantu memberi kelembaban pada kulit bayi juga.

Untuk aromanya sendiri yang sangat terasa banget adalah seperti aroma minyak telon bayiyang segar sekali dan dengan campuran aroma lavender bikin segar sekali ketika dihirup.

Impressions

Awalnya aku berfikir kalau ini cuma seperti massage oil biasa, tapi memang semenjak awal mencium aromanya rasanya rileks banget. Agak seperti aroma minyak telon bayi, tapi yang ini lebih licin jadi enak banget untuk memijat. 

Kebetulan banget saat ada Calming Tummy Oil ini bertepatan dengan Alfath yang lagi susah banget tidur. Tidurnya resah dan gelisah banget setiap malam. Nah aku udah hafal banget nih kalau Alfath tidurnya gelisah gini biasanya dia ada badannya yang nggak enak, pegal-pegal atau masuk angin.

Nah akhirnya paginya langsung aku pijat perut, dada dan punggung Alfath dengan teknik pijat Kolik sepertinyang sudah kusebutkan diatas. Nggak lama setelah pijatnya selesai. Alfath bener-bener kentut-kentut terus. Bahkan akupun iseng oleskan Baby Calming Tummy Oil ini di tengkuk dan punggungku. Nggak kuduga ternyata ngaruh juga ke badanku. 

Nggak lama perutku kaya lega banget dan aku nggak berhenti sendawa dan rasanya perutku enak banget. Kaya plong gitu. Aku sendiri masih bingung teknologi dan bahan apa yang bisa bikin seampuh itu. Akhirnya Baby Calming Tummy Oil ini jadi andalanku banget untuk cegah anak-anak masuk angin kalau habis berada di dekat semprotan kipas angin atau kelelahan. 

Repurchase? Yes
Price : 119.000 (Normal Price) disc Jadi 79.000

Nah buat Mommies, aku sangat-sangat rekomendasiin untuk selalu sedia Baby Calming Tummy Oil ini dirumah karna namanya anak-anak itu apalagi bayi itu sering banget kena kolik. Bahkan nggak hanya  kolik aja, tapi bisa juga untuk mengatasi anak masuk angin dan sebagai minyak pijat untuk bayi. Buat Mommies yang mau beli bisa langsung aja ke website Mamaschoice.id atau bisa langsung belanja lewat Shopee nya Mama's Choice disini.

Dan nggak lupa aku selalu ingetin nih buat mommies yang mau belanja bisa dapetin diskon 25.000 dengan minimal belanja 90.000 aja loh pakai kode voucher MAMAAYU. Cuss yah buruan mumpung masih ada diskon.

Regards, 







Post a Comment

0 Comments