Search This Blog

Meminimalisir Stress Pada Ibu Rumah Tangga Bersama Panduan Bunda

Assalamu'alaikum Mommies semua,

Tau kan kalau yang namanya menjadi ibu rumah tangga seringkali diremehkan. Sering dianggap nggak mengerjakan apa-apa dirumah dan yang dilakukan dirumah dirasa mudah. Padahal yang namanya mengurus rumah tangga ternyata juga berat dan melelahkan. Apalagi jika sudah punya anak. tentunya semakin terasa berat, karna mengurus anak bukan perkara yang mudah. Terkadang rewel, sulit tidur, butuh didampingi dan ditemani,


Apalagi kalau anak sudah menginjak masa toddler yang sulit sekali diam dan biasanya mudah tantrum. wah kebayang kaan. jadi ibu rumah tangga itu nggak "semudah itu". Belum lagi kalau punya anak lebih dari satu. bisa 2, 3 bahkan 4 (kaya aku nih sebentar lagi).


Untuk itu aku mau sedikit mengapresiasi semua Mama, baik itu working moms atau stay at home moms bahwa kalian semua ini hebat. dan aku yakin betul bahwa kita semua selalu berusaha menjadi yang terbaik untuk anak-anak dan keluarga kita. jadi yuk semua Mommies kita semua saat ini bukan saatnya untuk saing-saingan, tapi sekarang saatnya kita untuk saling support, saling bantu, saling menyemangati untuk menjadi #SuperBunda.


Sekarang sudah bukan lagi masanya saing-saingan dengan Mama yang lain, melainkan saling menyemangati dan saling support dengan berpelukan untuk sama-sama saling menguatkan. Karna tentunya kita semua tau bahwa perjalanan menjadi ibu sudah melewati banyak usaha, keringat, bahkan air mata. Virtual Hug to all great mommies everywhere. we've done great!


Tapi memang menjadi Ibu rumah tangga yang fulltime dirumah seringkali dirasa cukup berat. karna IRT lebih sering merasa penat, tidak ada waktu me time karna terus-menerus dibuntuti anak. aktivitas mengurus rumah yang padat, belum lagi sering banget disela-sela melakukan pekerjaan kita ter-distract oleh anak yang menangis atau minta ditemani atau bahkan tantrum.


Nah, buat IRT yang mungkin sedang struggling bahkan stress dengan keseharian dan pekerjaan yang padat karna aktivitas mengurus anak yang melelahkan, aku mau kasih beberapa tips yang harus diperhatikan agar Mama tidak mudah stress.

 

Produktif dengan Task Switching

Kalau dulu orang selalu dikenalkan bahwa untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan melakukan Multitasking, ternyata hal tersebut salah. karna Multitasking sendiri menurut berbagai penelitian justru semakin meningkatkan stress, menurunkan kreativitas bahkan bisa menurukan IQ juga. Hal tersebut terjadi karena otak dipaksa bekerja melebihi kapasitasnya, sehingga tentunya saat kita melakukan 2 sampai 3 pekerjaan sekaligus kita akan kesulitan untuk fokus pada pekerjaan yang sedang kita kerjakan tersebut.

Nah, sebenarnya cara yang lebih efektif untuk meningkatkan produktivitas adalah dengan Task Switching atau bisa juga disebut dengan fast-switch tasking. Apa sih perbedaanya dengan Multitasking? perbedaanya tentunya dijumlah pekerjaannya. Pada task switching kita dianjurkan untuk tetap melakukan monotasking atau melakukan satu pekerjaan pada satu waktu.

Namun pekerjaan tersebut diusahakan untuk dilakukan dengan cepat, atau dibagi dengan targetatau section yang lebih kecil agar lebih cepat selesai sesuai target kecil. nanti disela-selanya kita bisa mengerjakan hal lainnya tentunya sesuai dengan target atau section kecilnya juga.

Bingung??? okey aku akan pakai contoh dipekerjaan sehari-hari ku yaah. misalnya hari ini aku harus menyelesaikan Deadline Blog, tapi ditengah-tengah anakku minta dibuatkan Susu. Pastinya aku nggak mungkin ngetik sambil bikin susu. hal tersebut akan bikin aku lebih pusing dan tidak fokus dengan yang aku kerjakan,

Nah untuk itu, Tentunya aku harus menentukan dulu kira-kira aku perlu membuatkan Susu untuk anak ketika aku sudah menyelesaikan 2 paragraf dulu. Lalu dengan cepat aku fokus dan membuatkan Susu untuk anak, kemudian lanjut untuk meneruskan menulis Blog.

Nah itu adalah salah satu contoh task switching sederhana yang bisa kita terapkan pada pekerjaan rumah dan mengurus anak lainnya. Intinya adalah tetap fokus pada satu pekerjaan dulu dan ketika mengerjakan pekerjaan tersebut kita benar-benar mindful dan fokus. sehingga pikiran kita tidak bercabang-cabang yang kemudian dapat menimbulkan stress dan penat.

Batasi Pekerjaan

Perlu diperhatikan juga untuk bisa membatasi pekerjaan sesuai dengan kemampuan kita. Kalau memang terlalu lelah untuk menyetrika baju, biisa cicil dulu dari yang termudah atau bahkan cukup lipat dan tindas baju-baju yang tidak mudah kusut. Jangan terlalu membebani tenaga dan pikiran kita dengan sesuatu yang sebenarnya bisa dibuat mudah hanya karna perfeksionis apalagi takut dengan omomgan orang lain.

Misalnya hari ini hanya sempat mengerjakan sedikit pekerjaan karna anak yang sedang rewel, yaa nggak masalah. lakukan dulu yang sifatnya lebih urgent dan penting. Bahkan kalau punya budget lebih boleh pakai bantuan jasa seperti ART, Home Cleaning, Laundry, dan lainnya. Yang penting pikiran tetap tenang dan tetap bisa bahagia, Karna kebahagiaan keluarga berawal dari ibu yang bahagia.

Jangan Bandingkan Diri dengan Orang Lain

Seringkali ketika melihat orang lain yang lebih produktif, atau bahkan hidupnya lebih enak di media sosial kita langsung refleks membandingkan diri kita dengan mereka. Kalau memang hal yang ada pada orang tersebut membuat kita juga termotivasi dan menjadi lebih baik sih nggak masalah. Tapi kalau akhirnya justru membuat kita insecure, bahkan tidak bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini, lebih baik segera buang pikiran buruk tersebut dan ganti dengan kalimat-kalimat afirmasi positif untuk diri kita sendiri.

Jangan Pedulikan Omongan Orang Lain

Penting sekali untuk kita bisa belajar kebal dengan omongan-omongan orang lain. terutama omongan yang sifatnya negative vibes. Seperti mengkritik tanpa memberikan solusi, omongan nyinyir, menyindir, bahkan kata-kata yang sifatnya terlalu men-judge kita. Kalau sudah bertemu orang yang seperti itu siapkan mental dan kalau bisa cukup menghindar dengan baik atau alihkan dengan topik yang lain.

Selalu Belajar dan Upgrade Diri



Hal ini penting banget. jangan sampai kita mudah terpengaruh pada omongan orang, insecure, bahkan justru menjadi orang yang mudah iri hati dan dengki

karna kita tidak menyibukkan diri dengan hal-hal yang positif seperti selalu belajar, mencari ilmu, mempelajari hal baru dan melakukan hal yang positif disela-sela waktu luang. Saat ini kita diuntungkan sekali dengan kemudahan akses internet dan ilmu yang banyak tersedia gratis baik di Youtube, Instagram bahkan jugTiktok.


Selalu Siaga Untuk Keluarga


Pastikan juga kita selalu siaga untuk anak dan keluarga. Salah satunya dengan menyediakan keperluan-keperluan penting untuk anak-anak dan suami. Seperti makanan, vitamin, dan bahkan obat-obatan untuk keluarga dirumah. Apalagi dimasa sekarang tentunya kesehatan menjadi hal yang sangat penting untuk semuanya.




Dan tentunya anak-anak adalah yang paling rentan untuk sakit, terkena virus dan bakteri karena memang imun tubuhnya belum benar-benar kuat sepenuhnya seperti orang dewasa. Makanya bagiku pribadi penting banget untuk selalu menyediakan obat-obatan penting di rumah agar ketika anak-anak mendadak sakit seperti batuk-flu, demam kita tidak mudah panik dan tetap tenang .


Nah, Sedikit bocoran nih buat mommies semua, kalau urusan obat untuk anak-anak aku selalu sediakan produk-produk dari Konimex karna memang sudah cocok untuk anak-anakku seperti Termorex Syrup Regular dan Termorex Patch untuk meredakan demam pada anak kemudian Termorex Plus untuk meredakan demam dan gejala flu pada anak, Anakonidin Mucolytic & Expectorant (ME) untuk batuk berdahak dan membantu mengencerkan dahak. Anakonidin OBH untuk meredakan batuk dan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin. Kemudian ada pula Konvermex untuk obat cacing keluarga yang diminum 6 bulan sekali dan Inzana untuk untuk meredakan demam dan nyeri pada anak.

 

Nah, kalau sudah menyediakan obat-obatan penting itu dirumah rasanya lebih tenang dan tidak panik apabila anak tiba-tiba sakit mendadak. Dan pastinya kalau mommies nggak sempat ke apotek untuk beli, kita bisa dengan mudah beli produk-produk Konimex dari e-store nya yang ada di Panduan Bunda aja.

 

Bisa juga lewat Shopee dan Tokopedia official dari Konimex. Nggak perlu repot-repot, bisa dengan sambil santai dirumah, dan obat-obatan untuk persediaan jika anak-anak sakit sudah datang dengan aman. Selain itu produk-produk Konimex juga bisa didapatkan di Offline Store seperti Kimia Farma, Century, K24, Viva Apotek, dan Toko obat terdekat lainnya.


Nah Kebetulan nih kalau Panduan Bunda sedang mengadakan Kompetisi #SuperBunda. Yuk ikutan juga karna lumayan banget loh hadiahnya. Untuk syarat dan ketentuannya bisa langsung meluncur ke Instagram #PanduanBunda yaah disini. mommies juga bisa follow Instagram @Panduanbunda dan meluncur ke website Panduan Bunda disini untuk mendapatkan berbagai tips seputar Parenting.




 

Dan itulah beberapa tips dari aku agar selalu bisa meminimalisir stress dan menjadi Mama yang bahagia untuk keluarga. Semoga bermanfaat. 


regards



Post a Comment

0 Comments